Ustad Sigit Wiyono, Guru yang Tak Pernah Lelah Belajar

Rasa-rasanya tidak salah jika kita sematkan gelar di atas kepada Ustad Sigit Wiyono, S.Pd.  guru kelas 6 SD Al Hikmah Surabaya. Pasalnya, guru yang satu ini memang tidak pernah lelah belajar. Guru Bahasa Inggris yang mulai mengabdi di Al Hikmah sejak 2005 ini selalu meng-upgrade diri. Berbagai kegiatan pengembangan diri dilakukan untuk meningkatkan kompetensinya sebagai guru.

Bagi Ustad Sigit, mengembangkan diri menjadi sebuah keharusan agar guru selalu up-to-date. Artinya, guru mampu menyajikan pembelajaran terkini sesuai dengan kodrat zaman. Tujuannya agar para siswa mendapat layanan pendidikan terbaik sehingga mereka mampu survive di zamannya.

Baru-baru ini Ustad Sigit mendapatkan beasiswa short course dari SEAMEO RELC untuk mengikuti pelatihan pembelajaran Bahasa Inggris di Singapura selama 17 hari. Event bergengsi bagi guru-guru bahasa Inggris se Asia Tenggara.

SEAMEO adalah kependekan dari Southeast Asian Ministers of Education Organization. Organisasi ini dibentuk oleh seluruh menteri pendidikan yang ada di negara-negara ASEAN pada tahun 1965. Tujuannya untuk membangun kerja sama dalam bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan pada wilayah tersebut. RELC adalah kependekan dari Regional Language Center. Organisasi di SEAMEO yang khusus menangani pelatihan Bahasa Inggris.

Menurut Ustad Sigit, awal mula dirinya mendapat beasiswa tersebut adalah karena rajin mengikuti webinar yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek. Salah satunya adalah program micro-credential. Banyak tema yang diikuti. Mulai dari literasi, numerasi, dan sebagainya. Micro-credential adalah program pendidikan/pelatihan jangka pendek dengan topik materi pendidikan dan pelatihan yang teknis dan spesifik, biasanya dilaksanakan dalam bentuk pendidikan jangka pendek secara daring selama kurun waktu 3, 4 atau 6 bulan pada perguruan tinggi luar negeri.

“Ternyata ketika kita mengikuti kegiatan semacam ini, nama kita tercatat di data base kemendikbud. Ketika ada event-event besar seperti pelatihan di SEAMEO seperti ini, nama kita menjadi prioritas. Meskipun tetap ada seleksi atau tes yang harus diikuti, “tutur Ustad Sigit.  

Seleksi yang dimaksud adalah seleksi administrasi, termasuk harus menyertakan sertifikat IELTS atau TOEFL. Setelah lolos masih harus dites lagi terutama kompetensi bahasa Inggris karena semua perkuliahan dilakukan dengan bahasa pengantar bahasa Inggris. Peserta yang lolos kemudian diminta memilih mata kuliah yang diinginkan. Ada tiga mata kuliah pilihan. Listening and Speaking, Reading and Writing, dan Teaching English for Second Language (TESOL).

Perkuliahan berlangsung mulai 9- 27 Januari 2024 secara face to face di SEAMEO RELC di Singapura. Mulai 07.00 sampai sore. Ada tiga kelas berdasar mata kuliah di atas. Setiap kelas berisi 20 peserta. Ustad Sigit memilih Listening and Speaking. Menurutnya, masih banyak guru yang mengajarkan listening take it for granted alias bukan teaching tapi justru testing.

Jangan Lelah Belajar

Ketika ditanya mengapa Ustad memilih mengajar? Beliau menjawab bahwa ternyata mengajar itu penuh tantangan dan tuntutan untuk meng-upskill diri. Pastinya profesi ini tidak semudah yang pernah terbayangkan saat awal ingin menjadi guru. Tapi inilah yang menjadikannya menarik untuk digeluti.

Tak heran jika Ustad Sigit sangat mencintai profesinya sebagai guru dan aktif mengikuti kegiatan pengembangan diri. Beberapa prestasi guru lulusan pendidikan bahasa Inggris UNESA tersebut saya rangkumkan di bawah ini.

  1. Peserta International Conference: World Englishes (Bali, 2009)
  2. Penulis kumpulan pantun pendidikan (Pusat Perbukuan Nasional, 2010)
  3. Peserta konferensi SEAMEO INNOTECH (Manila, Philippines 2011)
  4. Teacher Training: MONBUKAGAKUSHO (Japan, 2014-2016)
  5. Finalis lomba Media pembelajaran kota Surabaya (2018)
  6. Medali Emas dan Perak Olimpiade nasional POSI:(POSI Online platform, 2021-2023)
  7. Micro-credential: English Teaching (OHIO State University & Kemdikbud dikdas, 2023)
  8. Tim Penulis Modul Ajar Nasional Bahasa Inggris jenjang SD (Kemdikbud Dikdas, 2023)
  9. Short course on Teaching Listening and Speaking: SEAMEO Regional Language Center (Singapore, 2024)

Guru yang berhobi belajar bahasa, menggambar, dan travelling ini berpesan agar guru selalu update info untuk mengembangkan diri. Harus berani mencoba untuk meningkatkan kompetensi sebagai guru. Terkadang kita takut mencoba, overthinking dulu, padahal tidak semengerikan itu.  Mari para guru, jangan lelah belajar. (herna)

 

 

Topik Berita
SEAMEO RELC
SD Al Hikmah Surabaya