Tamu dari Medan dan Karawang

YLPI Al Hikmah Surabaya mendapat dua kunjungan tamu pada Rabu, 31 Januari 2024. Mereka adalah para pimpinan Yayasan Wakaf Keluarga Muslim Tasbih Medan dan Yayasan Pendidikan Mentari Ilmu Karawang. 

Rombongan dari Medan terdiri dari enam orang, dipimpin oleh Bapak Haji Chairil Anwar selaku ketua yayasan. Sementara rombongan dari Karawang dipimpin oleh Ibu Evi Kurniawati- kepala pelaksana harian yayasan- membawa 20 orang peserta.  Mereka semua termasuk jajaran manajemen. Mulai dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala keuangan, dan sebagainya. Tamu-tamu tersebut belajar banyak hal terkait pengelolaan sekolah. Mulai dari kurikulum, kesiswaan, administrasi kepegawaian, keuangan, dan lain-lain.

Sekolah Al Musabbihin di Medan tergolong masih muda usianya. Didirikan di tahun 2022. Namun demikian, yayasan yang mengelola sekolah ini sudah berumur panjang. Sekitar 1990-an. Sekolah yang pertama kali didirikan adalah Raudatul Anfal (RA) setingkat TK kemudian SD, SMP, dan SMA. Sekolah ini terus berbenah untuk meningkatkan kualitas. 

Sekolah Mentari Ilmu berdiri sejak 2009. Sekolah Islam terpadu tersebut terdiri dari 3 SDIT, 3 SMPIT Full Day, 1 boarding, 1 SMAIT, 1 SMA Takhasus-sekolah khusus yang mempelajari Al Qur’an. Demikian penjelasan dari Ibu Evi Kurniawati, pimpinan rombongan. Istimewanya, Mentari Ilmu memiliki program persiapan dan pembinaan siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke Al-Azhar Cairo Mesir melalui jalur Ma’had Al-Bu’uts Al-Islamy.  

Kepala Sekretariat, Humas, dan Sekolahku-Ustad Gatot Sulanjono dalam pengantarnya mengatakan sebagai sekolah yang layak dan mudah dicontoh, Al Hikmah menetapkan hari Rabu sebagai hari tamu. Pintu terbuka lebar bagi siapa saja yang hendak berkunjung. Saling berbagi informasi dan inspirasi. Tidak ada yang disembunyikan. Tidak ada yang ditutup-tutupi. Tujuannya adalah saling berkolaborasi agar memajukan sekolah-sekolah Islam yang ada di negeri ini.

Hal ini dikuatkan oleh Ustad Nur Hidayat selaku sekretaris YLPI Al Hikmah Surabaya. Beliau  mengatakan bahwa tamu adalah berkah. Berbagi ilmu tidak ada ruginya. Ibarat sumur yang airnya selalu diambil. Allah Swt akan menggantinya dengan air yang lebih jernih.

Selain menerima informasi terkait pendidikan di Al Hikmah, Ustad Farkhan Habib selaku Manajer Sekolahku mengenalkan Sistem IT Sekolahku. Sistem pengelolaan pendidikan yang terintegrasi memudahkan yayasan mengelola sumber daya yang ada. Kurikulum, kesiswaan, administrasi, kepegawaian, keuangan, perpustakaan, dan sebagainya. Para tamu sangat antusias menerima penjelasan terkait digitalisasi sekolah ini. Sudah saatnya sekolah-sekolah mendapatkan kemudahan tidak hanya dalam pengelolaan pembelajaran tapi juga supporting system dalam mencapai tujuan pendidikan.

Tamu dari Karawang melanjutkan perjalanan menuju ke unit sekolah mulai dari SD, SMP, dan SMA Al Hikmah Surabaya. Melihat-lihat situasi dan kondisi di sana. Sementara tamu dari Medan masih memiliki dua hari kedepan untuk magang. Rencananya mereka akan menuju ke SMP dan SMA Boarding School Al Hikmah  (BSA) di Batu. Selamat berbagi inspirasi. (herna)


Bagi rekan-rekan yang ingin melakukan kunjungan ke Al Hikmah bisa mengikuti prosedur Kunjungan Tamu dibawah ini:

Untuk prosedurnya, Lembaga/yayasan/instansi mengirimkan surat permohonan study banding kepada YLPI Al Hikmah Surabaya. Surat berkop dan tanda tangan serta stempel sekolah atau yayasan atau instansi. Di dalam surat mohon disebutkan hal yang ingin dipelajari serta jumlah peserta yang mengikuti dan jabatan. Dari surat tersebut akan kami beri jawaban. 
Adapun untuk waktunya, kami menyediakan hari Rabu untuk hari kunjungan ke Al Hikmah.

Surat bisa dikirim ke nomor WA berikut: 0881026671732 (Eko Agus Widjaja)

Topik Berita
Tamu