(02 Jun 2024 | 21:23)

Para Guru Penggerak Al Hikmah

Guru Penggerak (GP) adalah titel yang disematkan pada guru-guru yang telah lulus mengikuti Pendidikan Guru Penggerak (PGP).  Program ini merupakan salah satu kebijakan Merdeka Belajar yang diinisiasi oleh Kemendikbudristek.  Tujuannya untuk mengembangkan guru-guru menjadi pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid. Harapannya, guru-guru berkualitas akan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Guru Penggerak dipilih melalui seleksi yang ketat. Angkatan 1 sampai ke 4 harus mengikuti pendidikan selama 9 bulan. Mulai Angkatan ke-5 program ini dikemas menjadi 6 bulan.  Selama enam bulan ini Calon Guru Penggerak (CGP) akan menjalani serangkaian kegiatan yang mencakup pelatihan, pemantauan, dan pembinaan. Mereka akan didampingi oleh seorang pengajar praktik (PP), dibina oleh seorang fasilitator, dan isnstruktur secara intensif.

Sistem pendidikan yang dijalani meliputi daring dan luring. Secara daring, mereka harus mengerjakan tugas-tugas di lms yang disediakan. Mereka juga harus mengikuti kelas virtual secara sinkronus.  Seorang fasilitator akan mendampingi mereka. Memaparkan materi, memandu diskusi dan berbagi praktik baik. Instruktur akan memberikan pendalaman materi yang telah mereka dapat bersama fasilitator.

Setelah lulus, guru-guru ini dapat menjadi guru penggerak yang dapat membantu meningkatkan mutu pendidikan di sekolah-sekolah dan berkontribusi pada pengembangan komunitas belajar yang lebih baik.

YLPI Al Hikmah Surabaya memiliki 64 guru penggerak yang masing-masing tersebar di unit SD-SMA. Selain itu ada 4 Pengajar Praktik (PP) dan 1 fasilitator. Beberapa pekan yang lalu, para CGP Angkatan 9 telah menyelesaikan pendidikannya dan berhak menyandang gelar Guru Penggerak. Mereka merayakan panen karya di Lokakarya 7 sebagai penanda berakhirnya pendidikan. Semoga ilmu yang mereka dapatkan barakah, membawa manfaat bagi sesama. (Herna)