(15 Oct 2024 | 10:24)

Kampanye Spirit Perbaikan 1%: Mengubah Kebiasaan Kecil Menuju Perubahan Besar

Ustadz Mohammad Zahri Ketua Yayasan LPI Al Hikmah Surabaya, sejak hari pelantikannya terus konsisten mengkampanyekan spirit perbaikan 1%. Hal ini menarik untuk dibahas, karena kampanye spirit perbaikan ini melibatkan seluruh lapisan warga di lingkungan YLPI Al Hikmah Surabaya, mulai dari guru, staff, karyawan teknis, petugas keamanan, hingga tenaga kebersihan. Konsep perbaikan 1% berasal dari gagasan yang disampaikan oleh beliau, dengan melakukan perubahan atau perbaikan sebesar 1% setiap hari, kita dapat mencapai perubahan besar dalam jangka panjang. Meskipun terlihat kecil dan mungkin tampak sepele, peningkatan yang stabil dan berkelanjutan ini akan membawa dampak yang signifikan seiring berjalannya waktu.

Apa itu Kampanye Spirit Perbaikan 1%?

Contoh kecil yang dijelaskan oleh Ustadz Zahri tentang spirit perbaikan 1%, seperti di Al Hikmah yang memiliki 600 orang guru dan pegawai. Jika setiap orang melakukan perbaikan setiap hari, maka akan ada 600 perbaikan setiap hari. Perbaikan kecil sebesar 1% misalnya akan sangat berdampak jika dilakukan bersama-sama. Misalnya tidak terlambat salat berjamaah di masjid. Tidak mengobrol selama perjalanan menuju ke area wudhu dan tempat salat. Kampanye ini digerakan untuk kita mulai dengan perubahan hanya 1% setiap harinya. Dalam sebulan, perubahan akumulatif ini akan jauh lebih berdampak jika kita lakukan secara bersama-sama.

Konsep ini bisa diaplikasikan dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari, seperti pesan Spirit Perbaikan 1% pada Selasa, 15 Oktober 2024 yang disampaikan oleh Ustadz Mohammad Zahri, adalah tentang “Membumikan budaya bersih, disiplin, dan tertib sholat”. Dengan penjelasannya seperti berikut ini:

1. Budaya bersih, disiplin, dan tertib sholat dimulai dari saya, dan dilakukan setiap hari.

2. Badan, pakaian dan semua yang melekat dan dibawa terus diusahakan secara konsisten untuk selalu bersih.

3. Berikutnya ruang kerja, dan kelas tempat mengajar akan dipastikan bersih, sejak pagi, demikian juga saat akan ditinggal pulang.

4. Demikian pula lingkungan sekolah mulai kamar mandi, lorong depan kelas, fasilitas umum, taman, selokan, kantin, tempat parkir, masjid, perpustakaan, kantin, laboratorium, dan tempat lainnya.

5. Budaya disiplin dan tertib sholat, bisa dimulai lebih awal yaitu sejak kita bangun tidur sebelum subuh.

 

Semoga dengan adanya Kampanye Spirit Perbaikan 1% ini, Yayasan LPI Al Hikmah Surabaya dapat terus melakukan perbaikan dan perubahan yang lebih baik, untuk meningkatkan mutu dan layanan yang bermanfaat kepada masyarakat sekitar, siswa, orang tua murid, dan mitra kerjasama. Mari bergabung bersama kami dan menjadi keluarga besar Yayasan LPI Al Hikmah Surabaya untuk terus menyebarkan Spirit Perbaikan 1% lainnya.

Silakan mengunjungi website resmi sekolah untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran PPDB 2025-2026. Jangan lewatkan kesempatan emas untuk bergabung dengan keluarga besar YLPI Al Hikmah Surabaya!