Dale Carnegie's High Impact Presentation Training

Sekolah adalah guru. Sekolah yang berkualitas harus didukung oleh guru-guru berkualitas. Guru-guru berkualitas harus mengembangkan diri agar selalu up-to-date. YLPI Al Hikmah Surabaya sangat concern terhadap pengembangan diri guru. Salah satunya dengan mengirimkan empat orang guru untuk mengikuti Dale Carnegie’s Training dengan tema High Impact Presentation. Training tersebut diselenggarakan Senin-Rabu, 22-24 Januari 2024 di Surabaya. 

Guru-guru tersebut adalah Ustad Fajar Budi Utomo (Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan), Ustad Moch. Salahudin Thalut (Waka Humas SMP Al Hikmah Boarding School Batu), Ustad. Farkhan Habib (Manajer Sekolahku), dan Ustazah Hernawati Kusumaningrum (Kepala Bagian Humas yayasan). Training ini didesain dalam kelas kecil. Selain dari  Al Hikmah, peserta lainnya dari PT Terminal Petikemas Surabaya (PTS), PT Rapid Plast, dan Eyelink Group. 

Sesuai namanya, training ini berisi materi-materi terkait bagaimana menciptakan presentasi yang memikat. Presentasi yang berdampak hebat. Materi diberikan secara berjenjang. Mulai dari yang simpel ke kompleks. Ada 6 materi sebagai berikut: Presenting Your Organization, Presenting Complex Information, Responding to Questions, Motivating Others to Action, Inspiring Others to Embrace Change, Responding in Pressure Situation

Selain itu, bagaimana menghadapi pertanyaan yang sulit dan memojokkan menjadi bagian yang penting di training ini. 

“Sediakan cushion,” tutur Bapak Eros Pamungkas selaku trainer. 

Ia menganalogikan dua orang sedang adu jotos. Saat dilakukan dengan tangan telanjang tentu lebih terasa sakit. Cushion atau bantal fungsinya mengurangi rasa sakit. Ketika diserang dengan pertanyaan yang sulit, gunakan cushion untuk menetralkan pertanyaan-pertanyaan yang memojokkan. Cushion ini berupa parafrase pertanyaan yang diajukan. 

Setelah peserta menerima materi kemudian berlatih secara berpasangan. Selanjutnya  mempresentasikannya di depan kelas. Sementara itu, trainer mengamati dan memberikan masukan. Uniknya, presentasi tersebut direkam. Selesai presentasi peserta harus menemui reviewer untuk menerima feedback presentasi. 

Feedback tersebut berbeda setiap peserta sesuai dengan atribut yang diinginkan. Atribut yang dimaksud adalah apa yang ingin dicapai peserta di akhir training. Contoh ingin menjadi presenter yang percaya diri, meyakinkan, persuasif, ramah, bersahabat, rileks, smart, profesional, dan sebagainya. Review akan didasarkan pada tiga atribut yang dipilih peserta. 

Tidak terasa tiga hari berlalu. Semua peserta merasa senang dan terbantu menjadi presenter yang baik.Tujuh tantangan presentasi yang berbeda harus dilakukan tiap peserta. Alhamdulillah, Al Hikmah mendapat empat penghargaan presentasi. Semua peserta lulus dan mendapat sertifikat yang ditandatangani langsung oleh Joseph K. Hart- President and CEO Dale Carnegie. Semoga ilmu yang diperoleh bisa diaplikasikan dan didiseminasikan pada para guru lainnya. (herna)

 

Topik Berita
Dale Carnegie
High Impact Presentation