Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya

SISWA SMP AL HIKMAH SURABAYA JUARA 1 LOMBA PENELITIAN PELAJAR SURABAYA 2021

Penelitian dengan judul DETEKTOR KELAPA MUDA tersebut adalah karya dari dua siswa kelas IX atas nama Keisya Syafira Izzati dan Dinar Anindya Yasmin. Keduanya melaksanakan penelitian selama dua bulan di bawah bimbingan Ustadz Supriono dan ustadzah Hida.

SISWA SMP AL HIKMAH SURABAYA JUARA 1 LOMBA PENELITIAN PELAJAR SURABAYA 2021

PRESTASI SUPER DI BULAN NOVEMBER

SMP AL HIKMAH SURABAYA JUARA 1 LOMBA PENELITIAN

Nama SMP Al Hikmah Surabaya muncul kembali ke permukaan bidang penelitian remaja. Tim SMP Al Hikmah Surabaya kembali menjadi juara 1 pada ajang Lomba Peneliti Pelajar Surabaya (LPPS) 2021 jenjang SMP/MTs Negeri dan Swasta. Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya tersebut telah menyaring 63 peserta untuk berlomba di babak final yang dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 8 – 10 November 2021, di Balai Pemuda Surabaya. Di tempat tersebut para peserta ini mengikuti tahapan penilaian dari dewan juri berupa penilaian poster serta presentasi karya penelitian.

Penelitian dengan judul DETEKTOR KELAPA MUDA tersebut adalah karya dari dua siswa kelas IX atas nama Keisya Syafira Izzati dan Dinar Anindya Yasmin. Keduanya melaksanakan penelitian selama dua bulan di bawah bimbingan Ustadz Supriono, S.Pd dan ustadzah Hidayatul Kholifah, S.Pd. Dengan berbekal pembinaan yang intensif serta kesungguhan dari dua siswa tersebut, maka karya bidang komuter tersebut masuk ke babak final hingga akhirnya kelaura sebagai juara 1 tepat di Hari Pahlawan, 10 November 2021.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh cara tradisional pedagang kelapa muda yang terlalu lama menentukan kualitas kelapa yang berakibat bisa membuat pembeli mengantri. Dalam abstarkasinya, peneliti mengungkapkan bahwa pada umumnya para pedagang kelapa menggunakan cara tradisional seperti menepuk nepuk buah kelapa untuk mengetahui tingkat ketuaan kelapa. Namun cara tersebut memiliki tingkat

akurasi tidak terlalu tinggi. Oleh karena itu, perlu diteliti sebuah alat yang dapat mendeteksi tingkat ketuaan buah kelapa yang lebih efektif. Melalui pengamatan terhadap perbedaan tingkat kelembaban berdasarkan ketuaan kelapa, peneliti membuat alat yang dapat membedakan antara kelapa yang muda, sedang, dan tua dengan keakuratan mencapai 83,3 %.

Alhamdulillah, dengan prestasi tersebut diharapkan para siswa siswi SMP Al Hikmah Surabaya dapat menjadi generasi yang kritis, rajin membaca dan gemar melakukan penelitian ilmiah. Keberhasilan SMP Al Hikmah Surabaya seringa menjadi juara di bidang penelitian bukanlah hal baru dan bukan pula kegiatan yang instan. Untuk menjadi peneliti handal, SMP Al Hikmah Surabaya menfasilitasi siswa siswinya dalam wadah program karya ilmiah atau lebih dikenal dengan PROKARIMAH.

Bagi para siswa siswi yang akan melanjutkan sekolah ke jenjang SMP dan ingin mengembangkan bakat minat di bidang penelitian dan karya ilmiah, para siswa siswi bisa bergabung bersama SMP Al Hikmah Surabaya. Saat ini SMP Al Hikmah Surabaya membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2022/2023. Untuk mendaftar, bisa dilaksanakan secara online melalui tautan / link : https://alhikmah.sekolahku.id/pmb

Atau juga bisa langsung menghubungi panitia di nomor HP/WA : 082140465152. Bisa juga datang ke sekolah di hari dan jam kerja (Senin-Jumat). Alamat SMP Al Hikmah Surabaya adalah Jl. Kebonsari ELVEKA V Surabaya. Dengan senang hati tim PPDB SMP Al Hikmah Surabaya akan melayani para pendaftar.