Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya

BELAJAR TAFSIR AL-QUR’AN BERSAMA PROF. DR. ROEM ROWI, M.A.

Kajian Tafsir Al-Quran ini bersifat tematik dan sangat kontekstual dengan kondisi saat ini. Prof. Roem Rowi mengangkat 4 sampai 5 ayat Al-Qur’an di setiap pertemuannya. Memaknainya dan mengaitkannya dengan fenomena terkini dalam kehidupan.

BELAJAR TAFSIR AL-QUR’AN BERSAMA PROF. DR. ROEM ROWI, M.A.

BELAJAR TAFSIR AL-QUR’AN BERSAMA PROF. DR. ROEM ROWI, M.A.

 

Dalam sebuah hadist dikatakan “Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya” (HR. Imam Al-Bukhari). Hadist ini menyiratkan tentang pentingnya mempelajari Al-Qur’an. Termasuk mempelajari tafsir di dalamnya.  Mengetahui tafsir ayat-ayat Al-Qur’an menjadikan kita lebih mampu memahami apa yang kita baca. Dengan demikian, akan lebih mudah lagi dalam mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Terkait hal tersebut,  YLPI Al Hikmah Surabaya banyak mengadakan kajian keilmuan. Majelis ilmu ini diadakan untuk menjaga kondisi ruhiyah agar tetap stabil di tengah arus modernitas saat ini. Al Hikmah berkomitmen selalu menjaga kualitas keilmuan dan keimanan masyarakat akademiknya. Salah satunya adalah Kajian Tafsir Al-Qur’an bersama Prof. DR. Roem Rowi, M.A.

Kajian tafsir ini dilaksanakan setiap hari Jumat.  Sebelum Pandemi Covid-19, kajian bertempat di Yayasan. Saat pandemi sekarang ini kajian tetap berlangsung secara online.  Peserta kajian adalah  para pimpinan dan guru Pendidikan Agama Islam (PAI).  Di tengah kesibukan menyelesaikan tugas-tugas managerial, pimpinan diharapkan tetap menajamkan kualitas keilmuannya sekaligus memperdalam sisi ruhiyahnya. Harapannya, mereka bisa menjadi teladan bagi anak buahnya.

Begitu juga dengan para guru PAI.  Mereka bisa meng-upgrade ilmu yang dimiliki sehingga pembelajaran yang dilakukan juga semakin up-to-date.  Tidak sekadar menyampaikan informasi yang ada di buku. Guru harus selalu belajar. Ibarat seorang penebang pohon yang harus mengasah kapaknya agar selalu tajam. Long life learning, belajar sepanjang hayat.

Kajian Tafsir Al-Quran ini

bersifat tematik dan sangat kontekstual dengan kondisi saat  ini. Prof. Roem Rowi mengangkat 4 sampai 5 ayat Al-Qur’an di setiap pertemuannya. Memaknainya dan mengaitkannya dengan fenomena  terkini dalam kehidupan.

Salah satu contohnya adalah bahasan mengenai manusia anjing. Dalam QS. Al A’raf ayat 175-176 disebutkan tentang orang yang telah diberi petunjuk namun dia meninggalkannya. Kemudian, setan mengikuti, menggoda, merayu, dan akhirnya memperdayanya hingga ia terperosok menjadi ghowiin alias orang yang tersesat.

Jika Allah menghendaki pasti Allah meninggikan derajat orang tersebut namun sayang orang tersebut terpesona, tergoda, dan jatuh cinta pada kenikmatan dunia. Ia hanya mengikuti hawa nafsunya. Hawa nafsu telah menjadi Tuhan baginya. Orang seperti ini diumpamakan serupa anjing. Dalam kehidupan nyata betapa banyak manusia yang tergelincir dalam fenomena seperti ini. Karena hawa nafsu telah mengendalikan dirinya sehingga ia pun menjadi manusia anjing.

Masih banyak tema kekinian yang diangkat dalam kajian ini. Tidak kurang dari tentara-tentara Allah yang berbentuk burung, angin, langit, bumi, bahkan virus semacam Covid-19 ini menjadi topik bahasan yang menarik di setiap Jumat.

Setelah paparan materi tersebut ada forum tanya jawab sebagai pengikat ilmu sekaligus membawa kajian dalam tataran praktis. Hampir di setiap sesi kajian para peserta aktif bertanya. Ini menunjukkan animo peserta kajian yang tinggi. Semoga apa yang diupayakan YLPI Al Hikmah dalam menjaga ruh dakwah masyarakat akademiknya bisa terlaksana dengan baik. Membawa manfaat bagi peserta pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

 

Surabaya, 17 Desember 2020

Hernawati Kusuma

Tim Penjamin Mutu Direktorat Pendidikan Al Hikmah Surabaya