Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya

AL HIKMAH MENYIAPKAN PENDIDIKAN MASA DEPAN

Terkait dengan paparan dua narasumber tersebut maka perlu dipersiapkan sumber daya manusia yang berkompeten menjawab tantangan abad 21. Alhamdulillah, YLPI Al Hikmah Surabaya telah mneyiapkan perangkat untuk mencetak generasi berbudi dan berprestasi.

AL HIKMAH MENYIAPKAN PENDIDIKAN MASA DEPAN

AL HIKMAH MENYIAPKAN PENDIDIKAN MASA DEPAN

Alhamdulillah, Sabtu ini (13 November 2021) menjadi hari yang istimewa bagi para orang tua siswa, para guru dan para peserta yang hadir dalam acara webinar yang digelar oleh YLPI Al Hikmah Surabaya. Pasalnya, ada dua narasumber yang hadir secara virtual dalam acara tersebut adalah narasumber yang kompeten dan memiliki komitmen kuat dalam dunia pendidikan. Beliau berdua adalah Ustadz Abdulkadir Baraja selaku Ketua Pembina YLPI Al Hikmah Surabaya dan Prof. Ir. Abdullah Alkaff, M.Sc., Ph.D., guru besar ITS dan juga selaku konsultan pendidikan di YLPI Al Hikmah Surabaya.

Acara tersebut digelar untuk memberi wawasan pendidikan masa depan bagi generasi kepada lebih dari 350 peserta yang hadir dalam aplikasi Zoom. Acara tersebut dikoordinir oleh Direktorat Pendidikan Fullday School tersebut dan berlansung mulai jam 07.30 WIB sampai jam 10.00 WIB.    

Ustadz Abdulkadir Baraja tampil mengawali webinar dengan tema besar “Al Hikmah Hari Ini dan Masa Depan”. Dalam paparan singkatnya beliau menyampaikan bahwa hasil pendidikan adalah generasi yang yang bukan hanya berprestasi, namun juga harus berbudi. Bahkan berbudi atau berakhlaq harus dikedepankan. Para murid murid yang belajar di sekolah harus memiliki akhlaqul karimah yaitu akhlaq yang baik kepada Allah SWT, kepada orang tua, kepada sesame manusia dan akhlaq kepada lingkungan sebagai ciptaan Allah SWT. Al Hikmah Surabaya adalah sekolah yang juga tidak menutup mata terhadap kemajuan dunia digital dan internet. Aplikasi e-sekolahku yang selama ini dipakai

oleh Al Hikmah Surabaya dan berbagai bidang, khususnya kurikulum dan proses pembelajaran, terbukti sangat membantu semua pihak, baik siswa, guru, orang tua termasuk pihak yayasan.    

Sementara itu, Prof. Ir. Abdullah Alkaff, M.Sc., Ph.D., yang pernah menjadi anggota dewan pendidikan nasional dan banyak berkecimpung di bidang kurikulum, menyampikan pergeseran paradiga pembelajaran dari masa kini ke masa depan. Pertama, beliau menyampikan bahwa pembelajarn sudah tidak dibatasi oleh kelas sebagai lokasi belajar, guru bukan satu satunya sumber belajar dan siswa bisa belajar kapanpun dia mengehendaki. Konsep pendidikan masa depan, peserta didik bisa belajar di mana pun. Siswa bisa belajar dari berbagai macam sumber pengetahuan dan setiap siswa bisa belajar kapan pun dia menghendaki.

Selanjutnya, beliau menyampaikan bahwa karakteristik abda 21 yang harus direspon secara baik. Unsur informasi sudah tidak dapat dibatasi, baik sumber, jenis dan waktunya. Abad 21 adalah abad dimana sebagian pekerjaan rutin sudah dapat diotomasi. Konsekwensinya, pekerjaan yang selama ini ditangani secara manual oleh manusia digantikan oleh mesin mesin yang beroperasi secara otomatis. Selain itu, komputasi di berbagai sisi aktivitas manusia telah terbukti menjadi proses kerja yang lebih cepat dan lebih hemat.

Terkait dengan paparan dua narasumber tersebut maka perlu dipersiapkan sumber daya manusia yang berkompeten menjawab tantangan abad 21. Alhamdulillah, YLPI  Al Hikmah Surabaya telah mneyiapkan perangkat untuk mencetak generasi berbudi dan berprestasi.