Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya

KEGIATAN PASCA PTS GASAL SISWA KELAS 8

cara inti pertama hari ini adalah SIM, akronim dari Spiritual Inspiration Motivation. Dalam acara tersebut, tampil seorang motivator pendidikan yang juga seorang triner yang akan memberi pencerahan kepada para siswa kelas 8.

KEGIATAN PASCA PTS GASAL SISWA KELAS 8

Surabaya, 8 September 2021

Hari ini menjadi hari terakhir bagi siswa siswi kelas 8 SMP Al Hikmah Surabaya mengikuti kegiatan pasca PTS Gasal 2021/2022. Para siswa kembali berkumpul dan bertemu di ruang Zoom bersama ustadz ustadzah tim kelas 8 yang dikoordinir oleh Ustadz Sriyanto selaku Koordinator Jenjang 8. Acara yang dimulai pada pukul 07.30 WIB tersebut diawali dengan doa pembukaan serta murojaah surat surat pendek yang dipimpin langsung oleh Ustadz Sriyanto.

Acara inti pertama hari ini adalah SIM, akronim dari Spiritual Inspiration Motivation. Dalam acara  tersebut, tampil seorang motivator pendidikan yang juga seorang triner yang akan memberi pencerahan kepada para siswa kelas 8. Beliau adalah Ustadz Suriyanto, M.Pd, seorang pendidik yang memiliki kompetensi mumpuni dan prestasi yang yang sangat banyak. Acara SIM yang bertajuk Pemuda Tangguh dan Berkahlaq, dipandu langsung oleh Ustadz Ilyas, M.Pd selaku moderator.

Dalam paparannya, Ustadz Supriyanto, M.Pd mengawali dengan menukil salah satu ayat dalam Surah Al Kahfi, yaitu ayat 13. Dalam ayat tersebut Allah SWT

berfirman : Kami ceritakan kepadamu (Muhammad) kisah mereka dengan sebenarnya. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka, dan Kami tambahkan petunjuk kepada mereka. Selain itu, banyak juga sahabat sahabat Rosulullah SAW yang statusnya juga masih remaja atau pemuda yang turut berjuang dan berdakwah, seperti Ali Bin Abi Tholib yang berusia 10 tahun. Usamah Bin Zaid juga masih berusia 12 tahun. Semua menunjukkan bahwa pemuda pemuda itu adalah model bagi pemuda zaman sekarang.

Acara dilanjutkan dengan agenda Prokarimah 3 sebagai acara lanjutan dari Prokarimah 1 dan 2. Dalam Prokarimah 3 yang dipandu oleh Ustadzah Fauridah, M.Pd ini akan mengkaji perihal kutipan. Para siswa akan diajari bagaimana mengutip kalimat yang bersumber dari referensi yang dibaca oleh para siswa. Paparan materi dari Ustadzah Fauridah tersebut adalah bekal bagi para siswa dalam menyusun BAB 2 tentang landasan teori dari karya ilmiah yang disusun para siswa. Setelah istirahat, acara dilanjutkan dengan Prokarimah Mandiri, dimana para siswa mempraktikkan apa yang sudah diperoleh dalam Prokarimah 3.